Jumat, 29 Januari 2016

Review Karya 2015

Suatu hari gue baru menyadari bahwa timeline facebook gue isinya adalah para artist seperti ilustrator, youtubers, komikus, animator, game developer, film maker dan lain sebagainya. Saat tahun baru kemarin, mereka semua nge-review karya apa aja yang pernah mereka kerjakan per bulannya. Misalnya di bulan januari mereka bikin apa sampai desember, ya pokoknya selama setahun lah. Dari sanalah bisa kelihatan progres mereka seperti apa.


Hal itu membuat gue juga ingin nge-review selama ini gue ngapain aja sih, ketimbang gue bikin resolusi baru gitu. Kayaknya lebih bermakna kalau nge-review apa aja yang gue lakukin. Telat yah? IYA TELAT BANGET. Ini uda akhir januari dan gue baru mau nge-review, harusnya kan ini gue tulis saat tahun baruan yah. Yaudalahyah lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Nah gue akan nge-review gue sudah menghasilkan apa aja. Jadi selama tahun 2015, gue banyak terlibat dengan event-event yang memiliki nilai value tinggi. Untuk saat ini gue nggak akan ngebahas event-event apa aja yang pernah gue terlibat di dalamnya, tapi gue akan ngebahas karya apa aja yang uda gue hasilkan bersama teman-teman.

1. TULISAN
Gue tau blog ini sangatlah bersarang. Liat aja terakhir update bulan agustus 2015 kemarin hiks. Tapi bukan berarti gue berhenti nulis loh yah. Bahkan kalau dipikir ini postingan sudah nggak ada signature blog ini. Biasanya gue selalu mengawali blog gue dengan "Yo!" kemudian menyapa kalian semua, menanyakan kabar sampai mengeluh kalau gue jarang update. Tapi sekarang? Yaa mungkin karena gaya tulisan gue mulai berubah atau mungkin berkembang kali yah? Hahahaha. Ini daftar tulisan yang pernah gue tulis di luar blog ini:
1. Semua Orang Ingin Menjadi Keren Dibanding Baik (sebenernya ini pernah gue tulis di blog ini heuheu tapi di repost hehehe)

Lumayan? Nggak juga sih. Itu terbilang sedikit ketimbang tahun 2014, gue bisa menghasilkan tulisan yang lebih banyak *lirik blog ini*. Tapi kabar baiknya adalah tulisan gue tahun ini (sepertinya) lebih berbobot hahaha. Ya kalian bisa lihat dari judul-judulnya itu hohoho. Selain itu juga gue nulis di langitayu.wordpress.com yang isinya tulisan fiksi gue seperti cerpen, fanfiksi gitu. Ini dia;
1. Memori Untuk Didit
2. Kacamata
3. Dalam Lift
4. Reuni Sania

Yak dikit juga ternyata. Hmm gue mulai berpikir untuk punya domain sendiri aja. Untuk ngegabungin 2 blog gue jadi 1. Ribet juga kan kalo punya 2 blog tapi sama-sama nggak keurus hiks. Ya berarti gue harus memperbaiki hal ini.

2. FANDUB / VOICE ACTING
Ahya gue dulu pernah mau cerita soal gue ikutan komunitas fandub yah tapi sampai hari ini belum gue tulis juga ceritanya HAH. Komunitas ini emang kegiatan iseng yang niat karena kecintaan akan voice acting atau dubbing. Komunitas itu namanya INA FANDUB dan Anime Voice Gakuen.

Jadi ini dia karya gue bersama teman-teman fandub semua;
1. Angel Beats as Naoi Ayato (karakter pertama yang didubb dan dia TRAP!)
2. Soul Eater ep 5 as Patty
3. Gintama ep 65 as Yochan
4. No Game No Life ep 1 as Wanita Penjudi
5. Clannad After Story ep 1 as Tomoyo
6. Fairy Tail as Kana & Erza
7. Inside Out Trailer as Riley
8. Gintama Movie 2 as Narator
9. Final Fantasy Type 0 - Alternate Ending as Sice
10. Anohana ep 11 as Satoshi Honma (adik Menma) & Yukiatsu kecil

Klik link judul fandub di atas untuk nonton yah hehehe. Fandub-nya banyak? Nggak juga. Itu aja terbilangnya gue bukan member aktif. Banyak teman-teman yang ngeproduksi banyak fandub bahkan peran utama hehehe. Gue masih peran sampingan, gue nya aja yang belum berusaha lebih keras seperti yang lain. Ehya selain dari komunitas juga ada yang personal;
1. Miracle fandub - Projectnya kak Rie as Choi Yeong Do, Xiumin, Onew, Siwan
2. Nusantaranger Audio Drama as Naya (ranger kuning), mixer, dan kepala project (iya ini project inisiatif gue yang kemudian dinotice sama kreator nusantaranger).

Dah segitu aja haaa. Tulisan ini kesannya mau pamer yah, tapi secara pribadi gue nulis dengan tujuan "healing" atau penyembuhan diri. Karena banyak yang dipikirkan, jadi lebih baik dituliskan saja sekalian begitu hahahaha. Yang gue sadari adalah tahun 2015 adalah tahun-tahun berat bagi gue. Banyak hal yang baru yang gue kerjakan, masalah baru yang gue atasi dan gue lalui. Dengan nge-review karya tahun 2015 ini membuat gue memiliki tekad untuk menghasilkan karya yang lebih banyak dan berkualitas di tahun 2016! Dan yang paling utama adalah mencatat semua karya yang pernah dihasilkan agar ada jejaknya :)

7 komentar:

  1. weh, sampe sekarang gue aja belum sempet ngereview, tapi yang pasti buat gue sendiri masa 2015 adalah masa dimana gue amat sangat tidak produktif. Karena dari tahun 2014 peningkatannya gak signifikan. ckck

    BalasHapus
  2. Gue sendiri bingung mau ngereview apa dari blog gue, secara gue habis hiatus hampir setahunan gitu. Baru mulai aktif lagi akhir desember kemarin. Tapi di tahun 2016 ini, gue pingin lebih produktif buat blog. Siapa tahu 2017 bisa ngereview

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeeess resolusi buat nge-review karya :))

      Hapus
  3. Mayan lah mbak tulisannya dah oke kok. Cuman ya kalo aku mau ngasih masukan, terkait desain sih. Mau nggak mau ya semoga desainnya juga diperhatiin :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi kalo mau konsultasi masalah desain bisa ke mas Arif Munandar mbak, hehehe :)

      Hapus
    2. iya nih saya masih kesulitan sama desain. Makasih banget loh :"D

      Hapus