Rabu, 22 Juli 2015

Dubsmash Harusnya Ganti Nama Deh

Yo! Tulisan pertama di bulan juli dan menjelang akhir bulan. HUFT. Ahya sebelumnya, gue mau mengucapkan, selamat hari raya idul fitri yah teman-teman. Hmm uda lewat banget sih, yauda deh sekalian gue ngucapin, selamat beraktivitas kembali dari liburan lebaran yang telah berakhir! Yang uda masuk kerja, jangan ngeluh yah, syukuri aja. Di luar sana masih banyak orang yang susah payah mencari kerja hohoho.

Kali ini gue mau ngomongin soal dubsmash. Telat ye? Yaudalahyah hahaha. Sebenernya gue termasuk yang "ngeh" kok dengan fenomena ini, dengan timeline gue yang penuh dengan video dubsmash yang lucu-lucu, tapi gue ternyata cukup cuek untuk menyadari bahwa dubsmash itu terkenal di luar juga bukan cuma di Indonesia. Asli gue nyangka ini cuma kelakuan orang Indonesia aja hahaha.


Dubsmash adalah sebuah aplikasi video selfie pada Android dan Apple yang memperbolehkan pengguna menambah suara dari berbagai sumber, seperti film, lagu, acara tv dan lain sebagainya. Karena disebut sebagai video selfie maka dari itu yang mau pake dubsmash harus punya handphone dengan kamera depan yah heuheu. Tanpa perlu gue jelasin detail kayaknya uda pada tahulahyah hahaha.

Setelah nonton video dubsmash, terlintas dalam pikiran gue adalah "Serius namanya dubsmash? Dubbing gitu?". Di suatu acara, gue sempet ngobrol sama temen ngomongin soal komunitas fan-dubbing yang gue ikutin, yakni INA FANDUB dan Anime Voice Gakuen (lain kali gue bahas), dan respon temen gue waktu gue ngomongin komunitas tersebut adalah "Dubbing? Oooh kayak dubsmash gitu yak?". WHAAAAAAAAT?!!

Serius deh bagi gue dubsmash itu bukan dubbing tapi LIPSYNC! Dan fenomena lipsync itu uda pernah booming loh!

SHINTA JOJO DUBSMASH KEONG RACUN
Siapa yang nggak tahu Shinta-Jojo? Yang sekarang kita nggak tau mereka ngapain setelah sempet terkenal saat itu. Mereka terkenal cuma karena nge-lipsync, okeh mari kita katakan mereka nge-dubsmash fufufu. Ahya sah-sah aja sih nge-lipsync buat lucu-lucuan mah. Gue suka deh lispync-nya sketch she yang ini


Coba ditonton, keren banget loh lagu-lagu antar generasi gitu, jadi berasa selera musik setiap tahunnya. Nah kalo yang beneran dubbing itu gimana sih? Gampang banget contohnya yaa kartun yang biasa ditonton tiap minggu itu beneran dubbing. Anak 90-an inget acara tv "spontan uhuy!"? Di acara spontan kan selalu ada tuh bagian acara yang binatang tapi suaranya manusia. Itu baru dubbing. Kalo di youtube Indonesia sendiri, ada fluxcup.


Itu baru namanya dubbing hohohoho. Atau kalian bisa kunjungin komunitas fandubbing INA FANDUB dan Anime Voice Gakuen untuk liat hasil karya-karya dubbing. Ohiya dubbing ini bersifat fans, tidak diperjualbelikan. Murni buat seru-seruan. Hmm lain kali gue bakal bahas deh hehehe. Dari sini, gue pikir, kayaknya Dubsmash itu harus ganti nama deh. Jadi lipsync-mash misalnya heuheu. Salam #Sotoy!

11 komentar:

  1. Mungkin namanya jadi lipmash (?) :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mungkin harusnya seperti itu wkwkwkwk

      Hapus
    2. Halooo, Kak! Yuk, ikutan ekspedisi jelajah Kalimantan GRATIS dengan ikutan lomba blog "Terios7Wonders, Borneo Wild Adventure" di http://bit.ly/terios7wonders2015

      Jangan sampai ketinggalan, ya!

      Hapus
  2. Harusnya namanya bukan dub yak? Ih kasih tau yang bikin app nih

    BalasHapus
  3. Kenapa namanya dubsmash? Karena ada suara vocalnya
    kalo ga ada suara vocalnya namanya dubstep hahahaha
    #TeoriNgaco

    BalasHapus
  4. Nah !!
    gua juga baru mau bikin tulisan kayak gini nih. dubbing itu beda banget dengan video video dari dubsmash. mungkin harus diganti jadi vidsync

    BalasHapus
  5. Iya..kurang cocok jika disamakan semacem dubber gitu

    BalasHapus