Jumat, 31 Januari 2014

Strategi NYELAK orang Arab

Pulang dari umroh (15-26 Januari) kemarin, yang paling gue inget adalah “main body”-nya orang arab. Kenapa? Karena mereka doyan banget “NYELAK”. Agak nggak nyangka gue. Heuheu oke ke-sotoyan gue dimulai. Di sini gue menyatukan orang iran, pakistan, dan sejenisnya (bahkan orang india sekalipun) dengan sebutan “orang arab” yah. Maaf gue nggak bisa ngebedain yang mana orang pakistan, iran, dan lain sebagainya. Jadi gue satuin aja nyebutnya.

Ngomong-ngomong soal “disatuin nyebutnya”, orang Indonesia di sana disebut orang Malaysia. Entah kenapa gue ngerasa, negeri tercinta kita ini kurang terkenal sepertinya. Soalnya orang-orang asia yang umroh di sana disatuin aja nyebutnya sebagai orang Malaysia. Walaupun dia orang Thailand, kamboja dan lain sebagainya. Yang mirip-mirip lah wajah dan ukuran tubuhnya. Ya, gue agak ngerasa gimana gitu. Secara kan pekerja masjidnya (masjid nabawi dan masjidil haram) ada orang Indonesia dan cukup banyak.

Ngantri dong kayak Natsuki dan Piyo Chan

Nah soal ukuran tubuh, tentunya beda banget nih. Tubuh orang-orang kita tuh kecil dan pendek dibanding mereka (orang arab). Gue yang gendut ini pun yaa masih terhitung kecil lah. Dengan perbedaan ukuran tubuh itu, jelas mudah banget kan buat nyerobot dengan body alias nyelak? Nyelak itu artinya nyerobot antrian, masuk ke dalam antrian dengan curang, nyelip dan lain sebagainya. Dalam hal ini nggak mesti antrian yah, karena tempat sholat yang sering banget jadi pertaruhannya.

Ini umroh pertama gue, dan gue KAGET. Orang-orang dengan mudahnya melangkahi badan orang yang lagi sholat, atau yang paling sederhana aja, yaitu lewat di depan orang yang lagi sujud. Di Indonesia, kita ampe nunggu orang itu selesai sholat dulu baru lewat atau nggak kalo emang lagi buru-buru banget pasti lewat dengan cepat plus gumam-gumaman penuh permintaan maaf. Balik lagi ke soal nyelak. Cara orang arab ini cukup unik dan selalu, selalu, selalu berhasil mengambil nyelak atau nggak ngambil posisi yang telah kita tempatin. Ini dia caranya:

1. NGOCEH. Ngomong aja dulu, bodo amat lawan bicara ngerti apa kagak

Orang arab sering banget ngajak kita ngobrol duluan. Dari sini gue ngerti kenapa orang Indonesia terkenal dengan penduduknya yang ramah, karena mereka GIRANG duluan pas diajak ngobrol. Dengan pedenya orang Indonesia memulai bahasa Inggris seiprit yang mereka milikin buat ngobrol tapi TERNYATA ORANG ARAB NGGAK BISA BAHASA INGGRIS. Fyi, menurut mereka bahasa arab adalah bahasa yang paling utama dibanding bahasa Inggris. Dan kalo mereka ngomong, nadanya suka tinggi kayak orang marah (seringkali)

Ceritanya, waktu itu gue sama nyokap lagi ngantri toilet. Saat orang keluar dari toilet, saatnya gue masuk eh tau-tau ibu-ibu orang arab dateng megang pundak gue sambil ngomong sesuatu pake bahasa arab ke gue. Gue yg kaget sempet berhenti dan dia mulai masuk ke dalam toilet tapi emak gue (my hero) langsung naik dan langsung ngomong pake bahasa Indonesia juga. Jadilah perdebatan yang nggak paham apaan, emak gue langsung dorong gue masuk toilet dan emak gue ikut masuk, nggak ngebiarin itu orang arab masuk. Telat berapa detik, ya sudah gue pasti nggak dapet toilet sama nyokap gue. Untung nyokap lebih berpengalaman soal ini. Setelah kita keluar, barulah dia masuk sambil ngomong pake bahasa arab yang kita nggak peduli. Gue ngeliat sekitar gue, dan ternyata banyak banget orang Indonesia yang diselak, pasti dia kayak gue. Berusaha ngerti mereka ngomong apa, tau-tau uda diselak dan menelan KESABARAN. Banyak sabar disono ye. Ada lagi nih yang paling bikin tercengang! Gue sama emak gue lagi ngambil air zam-zam, kita nitip tempat sholat ke kedua adik gue. Itu uda ada sajadah+tas yah dan tempat sholat gue dan emak gue itu berada diantara kedua adik gue. Eh tiba-tiba ibu arab datang dan langsung sholat disitu tanpa babibubebo. Kedua adik gue cengok. Sampe akhirnya gue dan emak gue nunggu dia selesai sholat. Begitu dia selesai sholat, tanpa babibubebo emak gue langsung nyentuh pundaknya dan suruh dia pergi. Yang bener aja, kita nggak bisa LEMBEK disitu seriusan deh.

2. Menggunakan kelemahan fisik dan ekspresi. 

Gue salah, gue sotoy untuk mengartikan ini tapi ini terjadi berulang-ulang kali. Awalnya gue kasihan sama orang-orang yang menggunakan kursi roda atau pun kursi kecil yang mereka bawa buat sholat. Mereka sebenernya nggak cacat loh, karena kebesaran badan, mereka nggak bisa sujud jadi mereka sholat pake kursi tapi masih bisa berjalan kaki. Dan hal ini sekali lagi dijadikan sebagai strategi NYELAK. Sebagai orang Indonesia (apelagi di negara orang) kita sering banget ngasih jalan orang yang pake kursi roda. Nggak peduli dia cacat (maaf bahasanya kasar) atau nggak. Tapi disana, Bah jangan harap deh. Orang arabnya sendiri pun nggak ada yang ngasih #Sotoy (ada sih), cuma kalo lo ngasih pasti kena diselak lagi. Nggak hanya itu, ekspresi “lemah” mereka juga sering banget bikin kita diselak juga. Padahal emang uda dari sononya itu muka dududududuh~~

Pelajaran yang bisa kita ambil dari sini adalah “Kelemahan bukan lah halangan (buat nyelak)”.

3. Menggunakan badan orang asia tenggara

Tubuh yang kecil, kita nggak akan sanggup main body sama mereka tapi masih ada kok yang bisa kita lakukan, yaitu NYEMPIL. Nah sayangnya kemampuan ini disadari oleh orang arab lebih dulu dibanding kita, orang Malaysia, orang Thailand, dan lain sebagainya. Gue sering banget kaget tiba-tiba punggung gue ada yang pegang bahkan NGEDORONG gue, ternyata emak-emak arab (lagi) ngejadiin gue tameng buat keluar dari lautan manusia. Kadang gue tersiksa karena kedempet-dempet tapi ini sih yang bikin gue rajin zikir hohoho. Strategi ini akhirnya gue pake. Gue selalu nyari orang yang lebih besar dari gue buat keluar dari lautan manusia yaa tapi nggak pake acara pegang-pegang lah yah, nyelip tapi tetep ngejadiin orang arab yang gede di depan gue tameng. Jahat ye gue? Hahahaha *malah ketawa*. Oia ini berlaku juga untuk kita ditarik oleh mereka dan kemudian menyelak. Tenaga mereka besar seriously.

Kurang lebih itu lah 3 strategi orang arab yang gue ingat. NYELAK ini udah gue rasain dari awal menginjakkan kaki di bandara Jeddah. Hahaha seringkali gue keselek eh keselak tanpa gue sadari. Emak-emak arab tangguh deh pokoknya. Tetep sholat sambil ngegendong anak walaupun anaknya nangis (bayangkan lah, ngegendongnya di dekap depan dada yah bukan di punggung dsb). Ngomong-ngomong soal ngegendong, mereka sering banget ngegendong anak mereka dengan satu tangan, tangguh ye. 

Yang gue pelajari dari budaya nyelak ini, orang-orang arab ini NGGAK MUDAH NYERAH walaupun ujung-ujungnya MAKSA. Sering loh maksa sholat padahal uda diusir sama Askar (para penjaga disana, mungkin nanti gue bahas, mereka keren) karena ngehalangin orang jalan. Waktu ke Rawda di masjid nabawi, kedua adik gue nangis karena desek-desekkan dan rasanya pengen balik padahal uda sejauh itu masuk ke arena Rawda. Mereka nggak tahan ngeliat kepala yang sedang sujud terinjak dan orang-orang arab yang berjalan melawan arus (demi dah mereka kuat buat ngelawan arus, salut dan kesel juga gue). Para Askar di sana sering banget keras ke mereka (sesama orang arab, tapi ada juga ashkar orang indonesia), karena pada dasarnya ternyata orang arab nggak suka diatur. Kalo dipikir-pikir mereka agak mirip yah sama kita dalam soal antrian. Cuman kalo mereka diselak, mereka pasti TEGAS dengan perilaku. Narik orang dari tempat mereka walau kasar. Sementara kita kalo diselak lebih sering NYINYIR. Heuheu mau itu ibu-ibu atau bapak-bapak. Biasanya keroyokan nyinyirnya. XDD

Segitu dulu kesotoyan gue. Maaf sudah lama nggak nge-post, gue nggak akan ngebeberin alasan yang banyak untuk hal ini *gentle*. Sebentar lagi blog ini akan punya brandingnya sendiri ^0^ huheuheu.

28 komentar:

  1. berarti kayak orang batak aja ya, setiap ngomong seringkali pake nada yg tinggi, jadi ngeri gitu, badan gede-gede suara ya harus gede, masa iya suara kayak curut, kan ga lucu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha Iya bener juga sih nggak kepikiran :))
      Cuma kayaknya lebih mending orang batak deh, apa karena gue lebih terbiasa yah? Hahaha ^^

      Hapus
  2. Parah banget itu mau ibadah kali, masa ad a yang diinjek juga lagi sujud.. Bener-bener diuji kesabarannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kamu lagi! Terima kasih sudah mau berkunjung :)
      Iya, namanya juga berebut mau sholat dan pahala yah udah kayak keributan nonton konser di sini :3

      Hapus
  3. hehehe, kayaknya memang di sana itu selalu rebutan tempat sholat deh, soalnya nyarinya yang kosong kan susah. apalagi misal udah jauh2 dr indo, trus di sana ternyata diselak, jadi pengen marah2. tapi paling penting, jangan terlalu sering jauh dari rombongan, bisa ilang beneran karena ga ngerti arah, temenku pernah gt

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYA BENER BANGET *nggak nyante*
      Orang Indonesia sering banget dapet himbauan untuk kemana-mana minimal 3 Orang dan selalu gandengan :))

      Berlomba-lomba dapet pahala ternyata bisa bikin rusuh juga yah.

      Hapus
  4. kalo ada orang arab yang bisa ngegendong anaknya pakai jari kelingking kabarin gue ya.. :D
    *salah fokus

    BalasHapus
  5. Jadi inget dulu pernah baca artikel yang inti tulisannya "Jangan selalu nyalahin yahudi, coba Islam berbenah dari diri sendiri". Di artikel itu ada kutipan dari dedengkot Yahudi, dia bilang "Meraka (islam) tidak akan pernah menang melawan kita sebelum mereka belajar masuk pintu bus tanpa rebutan (makasudnya antri)".
    Aku kira nyelak2 gitu cuma ada di Indonesia. Well, semoga kedepannya tradisi nyelak itu tidak ada lagi, mungkin bisa mulai dari diri sendiri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hal ini sama banget dengan yang dikatakan bapak ustad saya di sana :) iya memang harus koreksi diri yah. Semoga kita bisa lebih sabar dalam mengantri. Amin

      Hapus
  6. Wah saya kira nyelak itu berasal dari kata 'celak'. Didaerah saya 'celak' itu berupa pensil atau batu tulis yang gunanya untuk memberi hitam-hitam di kelopak mata, dan kegiatan itu disebut nyelak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyelak di sini dari kata dasar "Selak". Tapi kalau celak yang itu, orang Arab juga DEMEN BANGET make. Mata mereka yang uda indah jadi tambah indah pake celak entah kenapa. Mereka menganggap celak di sana adalah obat. Hehehe jadi berkhasiat gitu.

      Hapus
  7. Ternyata orang Arab hobi nyelak ya. Kirain orang Indonesia aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, nggak nyangka juga. Tiap negara pasti punya lah budaya buruk yah. Tapi sayangnya kita terbiasa untuk melihat hal-hal jelek pada negeri kita sendiri dulu yah. Kadang atau bahkan seringkali tetangga yang lebih bisa melihat keindahan kita :))

      Hapus
  8. waaah bahaya ya kalo orang arab nyelak pake fisik, badannya kan gede2 semua... postingan blogmu bagus, jadi bisa nambah info hehe...
    oya, folbek blogku ya, ada review tentang buku kroyokanku, dibaca ya ^^ kalo suka silahkan dibeli hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih. Hahaha aku nggak ngerti ngefollow blog gimana caranya hehehe bisa ajarin ga? Siip aku kunjungin

      Hapus
  9. walah. di tempat asal Islam, warganya kok kayak gitu ya? apa emang gitu budayanya?
    agak2 memancing emosi juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kurang tau juga sih. Cuman kalo ada tempat dimana doa mudah dikabulkan, pasti orang rebutan :))

      Hapus
  10. ngeri-ngeri juga ya. susah juga nih, scara badan mereka kan besar-besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya hahaha cuma ya emang harus berjuang keras di sana. Agak malu kalo mudah nyerah padahal disitu banyak yang lebih tua dan tahan banting :))

      Hapus
  11. senengnya bisa umroh. tapi kenapa kenyataannya harus gitu sih ya ? ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah. Kenyataan yang bikin kita harus tahan banting heuheu

      Hapus
  12. Padahal baru umroh, ya? itu kalau musim haji gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kurang tau juga tuh bakal gimana. Perkiraannya sih masih lebih rame umroh dibanding haji. Soalnya haji kan pake musim gitu --> musim haji. Kalo umroh bisa kapan saja #Sotoy

      Hapus
    2. Lah, kok lebih rame umroh gimana? Padahal sering kita dengar berita, "Jamaah haji yg meninggal dunia" tapi tidak/jarang terdengar brita "jamaah umroh meninggal dunia (karena desak2an)". Mungkin itu juga yg menyebabkan para artis jarang yg naik haji (karena takut), tapi banyak yg umroh. #Sotoy

      Hapus
    3. Oh menurut gue sih bukan itu masalah utamanya. Tapi rukun haji itu lebih berat untuk dijalanin ketimbang umroh. Makanya umroh bisa berkali-kali sementara haji sangat sulit untuk berkali-kali. Ya, ibaratnya untuk mendapatkan gelar "haji" pasti sulit toh? #Sotoy maaf kalo salah, mohon dikoreksi yah, luth.

      Hapus
    4. Saya sendiri belum pernah ke sana, jadi enggak tahu persis kondisi sebenarnya seperti apa. hehe… Tapi bukannya rukun haji dan umroh itu sama? Bedanya kalau dalam rukun haji ada tambahan wukuf di Arafah.
      Gak ada yang salah kok, dalam menyampaikan pendapat, saya malah senang bisa bertukar pikiran dengan sampean.
      Oh ya, kalau gelar untuk orang yang sudah umroh itu apa ya? (amir[ah] atau muktamir[ah]?) ^^

      Hapus
    5. Untuk gelar sih kurang tahu. Nah wukufnya itu beraaat. Mendengar pengalaman-pengalaman orang naik haji aja sih. Mereka lebih diuji saat di Arafah.

      Hapus