Minggu, 09 Desember 2012

Ketidakteraturan yang Indah

Post ini ditulis di notes facebook
Saturday, 25 July 2009

Bus di Jepang:
Bus selalu datang tepat waktu. Para penumpang naik dan turun secara teratur. Pintu depan dan belakang di pakai secara efisien untuk keteraturan arus naik dan turunnya penumpang. Demi kenyamanan, tidak ada pengamen atau pedagang asongan yang masuk. Terdapat pegangan tangan yang nyaman untuk para penumpang yang berdiri. Bayar langsung tanpa menunggu kenek, karena tidak ada kenek.

Bus Indonesia:
Bus datang tidak menentu. Para penumpang naik dan turun dengan sesuka hati. Pintu depan dan belakang di pakai dengan fungsi yang sama dan perlakukan sama, yaitu untuk naik dan turun serentak. Selalu ada pengamen dan pedagang asongan yang masuk ke dalam bus umum biasa dan bus AC. Terdapat pegangan tangan untuk para penumpang yang berdiri. Pegangan tangan itu hanya berbentuk besi sepanjang atap bus. Bayar pada kenek. Terdapat kenek disini.

Yang mana yang menurut kalian indah dan nyaman? Bus Jepang bukan? Tapi kalau kau lihat lebih dalam.....

Bus Indonesia:
Menerima masuknya pengamen dan pedagang asongan. Pintu bus adalah pintu rejeki bagi siapa pun. Bukan hanya untuk supir dan kenek bus. Kenek bus yang ada, membantu kita untuk turun. Selalu mengingatkan kita turun dengan kaki kiri. Naik dan turun sesuka hati penumpang membuat kita dengan senang hati menentukan sendiri kapan mau naik dan turun. Kenek yang menjamu para penumpang dengan mengambil uang bus. Betapa enaknya itu? Kita merogoh uang saat diminta kenek. Bahkan terkadang sang kenek lupa memintanya pada kita dan kita tidak usah membayar. Namun hati para penumpang kadang terketuk, mereka lebih memilih untuk membayar pada sang sopir saat turun bila sang kenek lupa pada tugasnya itu.


Jadi itulah Indonesia. Keindahan dalam ketidakaturan. Lihat lebih dalam, kenali, sayangi dan cintai negerimu ini, Indonesia.

Enjoy Indonesia!!!!!
Created by: Puti Ayu Amatullah.


https://www.facebook.com/notes/puti-ayu-amatullah/ketidakteraturan-yang-indah/237599775354 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar